-->
Wisata Museum Mbah Maridjan

Wisata Museum Mbah Maridjan

Dear sahabat blog,

            Salam jumpa kembali, Kali ini penulis mengunjungi salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata di Yogyakarta, yakni Museum Rumah Mbah Marijan; kawasan wisata ini berada di desa Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman.



                Tempat wisata ini dapat dikunjungi hingga pukul 17:00 Wib dengan tiket masuk wisata nya Rp 7000,- per orang. Di tempat wisata ini, kita mempunyai pilihan yaitu berjalan kaki, naik ojek atau menyewa kendaraan. Kendaraan yang dimaksud itu ada dua jenis, baik kendaraan roda dua “Trail” atau kendaraan roda empat “Jeep”. Untuk Trail sekitar 150 ribu sementara Jeep500 ribu untuk sekali perjalanan.

            Uniknya, di dalam tempat wisata ini terdapat sejumlah tempat wisata lain, seperti Bungker (tempat yang dijadikan berlindung warga setempat ketika terjadi erupsi Merapi), terlebih apabila kalian menyewa kendaraan.  Dengan suasana alam yang menarik, daerah wisata ini sangat dingin, karena berdekatan dengan Gunung Merapi; melihat gagahnya merapi dengan jarak yang sangat dekat. Lokasi ini juga merupakan Desa Tertinggi di daerah Cangkringan tersebut, tempat menarik yang wajib kalian datangi apabila melakukan travelling ke Yogyakarta.

                Pasti akan ada pertanyaan dalam diri kita siapakah mbah marijan itu?, mengapa di situ di jadikan tempat wisata?. Sedikit informasi bahwa “Mbah Marijan” merupakan seorang juru kunci Gunung Merapi, adapun rumah yang dijadikan museum memang benar ada nya rumah mbah Marijan itu sendiri. Tempat ini menjadi pusat perhatian wisatawan setelah erupsi Merapi pada tahun 2010, karena rumah ini hanya berjarak 4 Kilometer dari kawah Gunung Merapi.

            Tidak hanya melihat bangunan rumah, di museum ini kalian juga akan menyaksikan secara langsung petilasan mbah Marijan di mana di dalamnya masih didapati perabotan rumah tangga yang terkena dampak erupsi. Salah satu perkataan beliau yang bisa dijadikan pedoman hidup yaitu, “Kehormatan Seseorang Dinilai dari Tanggung Jawab terhadap Kewajibannya”.

            Sebagaimana ungkapan sejarah adalah pelajaran penting yang berharga, di sini kita bisa mengenang sosok almarhum mbah Marijan, terutama tentang kegigihan dan ketulusannya untuk menjaga Gunung Merapi karena beliau adalah juru kunci sampai akhir hayatnya.  

Berikut foto- foto pada saat penulis mengunjunginya








                                       
                                             (perjalanan menuju museum mbah maridjan)


                                       (Kronologi kejadian erupsi Merapi pada tahun 2010)


                                        (Kendaraan bermotor yang terkena dampak erupsi)


                             
                                                   (Sisa - Sisa perabotan rumah tangga)


                                              (Pendopo di di depan petilasan Mbah Marijan)


                                                           (Omahe Mbah Maridjan)



                                                 (Petilasan Rumah mbah maridjan)

Mungkin hanya itu saja informasi yang bisa penulis berikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan pada saat kalian melakukan travelling ke daerah Yogyakarta.

2 Responses to "Wisata Museum Mbah Maridjan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel